PENGGUNAAN MASKER KAIN AROMATERAPI LAVENDER TERHADAP INTENSITAS NYERI HAID REMAJA PUTRI

  • Eline Charla Sabatina Poltekkes Kemenkes Palangka Raya

Abstract

 


Latar Belakang : Nyeri haid (dysmenorrheal)  adalah  keluhan yang sering dirasakan oleh  wanita, rasa nyeri ini yang disebabkan oleh kontraksi otot perut yang terjadi terus menerus dan mengeluarkan darah. Banyak wanita yang merasa terganggu selama dismenore, biasanya tidak enak di bagian perut bawah, mual, dan juga disertai pusing. Tidak sedikit  wanita pingsan karena memaksakan diri untuk beraktivitas sehingga diharuskan beristirahat selama dismenorhoe. Terapi relaksasi cukup banyak di gunakan untuk meredakan nyeri,karena tidak memiliki efek samping, mudah pelaksanaannya dan harga relatif murah. Misalnya, aroma lavender bisa  mengurangi stres dan mengurangi kesulitan tidur atau insomnia. Kelebihan lavender essensial adalah kandungan racunnya relatif sangat rendah, dan jarang menimbulkan alergi. Aroma lavender inipun memiliki keunggulan lainnya yaitu ekonomis, mudah diperoleh, aman digunakan, tidak memerlukam peralatan yang rumit. Penggunaan masker di masa Pandemi Covid-19 sekaligus sebagai terapi nyeri remaja putri selama haid sangat diperlukan. Penggunaan masker sebagai pelindung dari virus sekaligus sebagai terapi nyeri pada remaja Putri yang sedang mengalami nyeri haid.


Tujuan : Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan masker aroma terapi Lavender terhadap intensitas nyeri haid remaja Putri


Metode : Dalam penelitian ini menggunakan  jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian pra-eksperimental (pre-eksperimental) dengan design One Group Pre test – Post test Design yaitu desain penelitian ini dilakukan terhadap satu kelompok tanpa adanya kelompok kontrol.


Hasil : Jumlah responden pada penelitian ini adalah 33 orang. Hasil uji paired t-test menunjukan ada perubahan intensitas nyeri dismenorhea  sebelum dan sesudah menggunakan masker aroma terapi lavender. Pemanfaatan Masker Aroma Terapi Lavender Pre-Test dengan Nilai Standar Deviasi 0,73983 dan Post Test dengan nilai Standar Deviasi 0,69222. Dari hasil uji statistik dengan Uji Sample T-Test data berdistribusi normal dengan nilai Nilai P-Value 0,000, artinya menunjukkan bahwa terdapat manfaat penggunaan Masker Aroma Terapi Lavender terhadap Intensitas Nyeri Haid.


Kesimpulan: ada pengaruh yang signifikan pemanfaatan masker aroma terapi lavender terhadap intensitas nyeri haid pada remaja putri.


Saran : Diharapkan bagi bidan dapat mempraktekkan ilmu pengetahuan selama dalam masa pendidikan dan sebagai bekal dalam melaksanakan penelitian khususnya berkaitan dengan pengaruh pemanfaatan masker aroma terapi lavender terhadap intensitas nyeri haid pada remaja putri.ada pemanfaatan masker aroma terapi lavender terhadap intensitas nyeri haid pada remaja putri.  Serta sebagai penambahan informasi khususnya pada sekolah dan bagi para Remaja Putri yang mengalami Nyeri Haid (Dismenorhoe) sebagai alternatif penanganan Nyeri Haid (Dismenorhoe) sekaligus memberikan manfaat dalam penggunaan masker secara intensif sebagai perlindungan dan kenyamanan pengguna.

Published
Dec 8, 2022
How to Cite
SABATINA, Eline Charla. PENGGUNAAN MASKER KAIN AROMATERAPI LAVENDER TERHADAP INTENSITAS NYERI HAID REMAJA PUTRI. MNJ (Mahakam Nursing Journal), [S.l.], v. 2, n. 12, p. 506-517, dec. 2022. ISSN 2548-6292. Available at: <http://ejournalperawat.poltekkes-kaltim.ac.id/index.php/nursing/article/view/200>. Date accessed: 01 feb. 2023. doi: http://dx.doi.org/10.35963/mnj.v2i12.200.
Section
Artikel Penelitian